Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas.


Mata Kuliah ini bertujuan untuk:

1. Menguasai tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis pendidikan (P-1)

2. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikanyang relevan (P-2)

3. Terampil dalam membaca buku-buku teks, jurnal, dan berbagai sumber informasi baik dalam bentuk print out maupun online untuk mendeskripsikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan  (KK-1)

4.Terampil menggunakan teori tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan PENDIDIKAN YANG MEMANDIRIKAN.   (KK-2)

Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep kompetensi profesional yang harus dimiliki para pendidik. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: ruang lingkup Profesi Kependidikan, Pengertian dan syarat profesi keguruan, Kode etik profesi keguruan, Organisasi profesi keguruan, Sasaran sikap profesional dan Pengembangan sikap profesional, Pengembangan sikap professional di berbagai lini, Syarat-syarat menjadi guru profesional, Guru professional sebagai komunikator dan fasilitator, prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran yang diintisarikan oleh Rothwal, Cara memotivasi siswa, Permasalahan yang dihadapi siswa, Supervisi pendidikan, dan kepemimpinan.

Pembelajaran adalah proses perubahan tingkah laku atau dengan kata lain penambahan informasi dan kemampuan baru. Ketika seorang guru berfikir informasi dan kemampuan apa yang harus  dimiliki oleh peserta didik, maka pada saat itu juga guru semestinya berfikir strategi apa yang harus dilakukan agar semua itu dapat tercapai secara efektif dan efisien. Ini sangat penting untuk difahami, sebab apa yang harus dicapai akan menentukan bagaimana cara mencapainya. Melalui mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ini mahasiswa mampu merefleksi konsep SBM secara lisan maupun
tulisan dan dapat mengimplementasikannya kedalam proses pembelajaran sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Materi mata kuliah ini antara lain mencakup: (1) Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar (2) Konsep Mengajar dan Teori-teori Mengajar (3) Makna dan Jenis Strategi Belajar Mengajar (4) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Strategi Belajar Mengajar (5) Macam- macam Metode dalam Transaksi Instruksional (6) Skenario Pembelajaran (7) Pengelolaan kelas (8) Penelitian berbasis strategi pembelajaran
Deskripsi


Matakuliah ini memberi pengenalan tentang berbagai jenis media (teks, gambar, audio, dan video), definisi beserta karakteristiknya, cara penyimpanan, dan manipulasinya menggunakan berbagai perangkat lunak

Kompetensi
  • Memahami konsep dan jenis multimedia
  • Mengkombinasikan berbagai media
  • Membuat dan memanipulasi multimedia




Deskripsi

Matakuliah ini memberi pengetahuan dan kemampuan tentang pembuatan multimedia interaktif berbasis animasi komputer yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran

Kompetensi

  • Menguasai animasi dasar 2 dimensi
  • Mampu membuat animasi media pembelajaran
  • Mampu membuat permainan animasi

Deskripsi

Matakuliah ini mempelajari konsep-konsep pemrograman berorientasi obyek dengan bahasa pemrograman Java

Kompetensi
  • Memahami dasar pemrograman Java
  • Memahami konsep pemrograman berorientasi obyek
  • Merancang program yang berorientasi obyek