Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa bisa menyelesaikan beberapa persoalan di bidang teknik sipil dengan menggunakan Visual Basic 6 sebagai RAD (Rapid Application Development ) tools.
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman holistik kepada mahasiswa tentang konsep perencanaan produksi. mata kuliah ini meliputi peramalan perencanaan agregat, perencanaan disagregat, pembuatan MPS dan MRD serta penjadwalan produksi
Studio Perencanaan Kota merupakan matakuliah praktek dari teori-teori Perencanaan Kota yang diterima mahasiswa pada semester-semester sebelumnya. Pada matakuliah ini, mahasiswa akan berlatih menyusun dokumen rencana kota pada wilayah studi. Proses penyusunan dokumen rencana kota akan mengacu pada proses ideal dalam perencanaan kota. Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan stakeholder pembangunan dengan peran yang nyata dalam pembangunan.

Diikuti oleh mahasiswa semester V dan/atau mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota, Pengantar Teknik Perencanaan dan Perencanaan Kota.