Kompetensi Dasar

Materi  Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi  Waktu

Sumber Belajar

1.1     Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.

1.2     Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

2.1     Menunjukkan sikap  tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam

 

2.2     Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya

 

2.3     Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah

 

 

 

 

 

 

3.1     Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah

 

4.1     Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis    ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

 

Cara Berfikir Kronologis dan Sinkronik dalam mempelajari Sejarah

·       Cara berfikir kronologis dalam mempelajari sejarah

·       Cara berfikir sinkronik dalam mempelajari sejarah

·       Konsep ruang dan waktu

 

Mengamati:

·    membaca buku teks tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, dan konsep waktu  dan ruang dalam sejarah

 

Menanya:

·    berdiskusi untuk mendapatkan pendalaman pengertian tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, dan konsep waktu dan ruang dalam  sejarah

 

Mengeksplorasikan:

·     mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan mengenai cara berfikir kronologis, sinkronik, konsep ruang dan waktu  dari sumber tertulis, sumber lainnya  dan atau internet.

 

Mengasosiasikan:                           

·     menganalisis hasil informasi yang didapat dari sumber tertulis dan atau internet untuk mendapatkan  kesimpulan tentang keterkaitan antara  cara  berfikir kronologis, sinkronik dengan konsep ruang dan waktu  dalam sejarah.

 

Mengomunikasikan:

·     hasil analisis kemudian di laporkan dalam bentuk tulisan tentang keterkaitan antara cara berfikir kronologis, sinkronik dengan konsep ruang dan waktu dalam  sejarah.

 

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

 

Portofolio::        menilai laporan peserta didik tentang cara berfikir kronologis, sinkronik, ruang dan waktu  dalam  sejarah

Tes tertulis:menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menerapkan cara berfikir kronologis, sinkronik serta keterkaitannya dengan konsep ruang waktu dalam sejarah

3 mg  x  2 jp

 

·      Buku Sejarah Indonesia kelas X.

·      Buku-buku  lainya

·      Internet (jika tersedia)

 

3.2     Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara

 

3.3     Menganalisisasal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)

 

3.4     Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.

 

4.2     Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.

 

4.3     Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.

 

4.4     Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan  menyajikannya dalam bentuk tertulis.

 

Indonesia Zaman Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia. 

·      Kehidupan masyarakat Indonesia

·      Asal-usul nenek Moyang bangsa Indonesia

·      Kebudayaan zaman praaksara

 

Mengamati:

·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang aktifitas kehidupan masyarakat zaman praaksara, peta persebaran asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan  peninggalan hasil kebudayaan pada zaman praaksara.

 

Menanya:                                       

·     berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat zaman praaksara, persebaran asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan peninggalan hasil kebudayaan pada zaman praaksara.

 

 

Mengeksplorasikan:

·    mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan mengenai masyarakat Indonesia zaman praaksara melalui bacaan,  pengamatan terhadap sumber-sumber  praaksara  yang ada di  museum  atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat

 

Mengasosiasikan:

·    menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  lain yang terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang Indonesia pada zaman praaksara.

 

Mengomunikasikan:

·    hasil analisis kemudian disampaikan dalam bentuk laporan tertulis tentang Indonesia pada zaman praaksara.

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan, menganalisis data dan membuat laporan.

 

Portofolio:       menilai portofolio peserta didik tentang zaman praaksara di Indonesia.

 

Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan

peserta didik dalam memahami dan menganalisis konsep tentang Indonesia pada zaman praaksara

 

8 mg x  2 jp

 

·      Buku Sejarah Indonesia kelas X.

·      Buku-buku lainya

·      Internet (jika tersedia)

·      Gambar aktifitas kehidupan manusia praaksara

·      Gambar hasil-hasil peninggalan kebudayaan praaksara

·      Peta penyebaran nenek moyang bangsa Indonesia

 

3.5     Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan  Hindu-Buddha di Indonesia.

 

3.6     Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

 

4.5     Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.

 

4.6     Mengolah informasi mengenai   proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.

 

Indonesia Zaman  Hindu-Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global  Tahap Awal

·     Teori -teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha

·     Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha

·     Bukti-bukti Kehidupan pengaruh Hindu-Buddha yang masih ada pada saat ini

 

Mengamati:   

·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang  Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

 

Menanya:

·    berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat Indonesia  pada zaman Hindu-Buddha.

 

Mengeksplorasikan:

·    mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber  sejarah yang ada di  museum dan atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat

 

Mengasosiasikan: 

·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

 

Mengomunikasikan:

·    hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tertulis tentang  Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

 

Observasi:

mengamati kegiatan peserta didik dalam mengumpulkan,  menganalisis data dan membuat laporan.

 

Portofolio:

menilai portofolio peserta didik tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha

 

Tes tertulis/lisan:

menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis konsep tentang Indonesia pada zaman Hindu-Buddha.

 

12 mg x  2 jp

 

·      Buku Sejarah Indonesia kelas X.

·      Buku-buku  lainya

·      Internet  ( jika tersedia)

·      Gambar hasil-hasil peninggalan zaman Hindu-Buddha

·      Peta  letak kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Indonesia

 

3.7     Menganalisis berbagai teori tentang  proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

 

3.8     Mengidentifikasi  karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

 

4.7     Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.

 

4.8     Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan  Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini

 

Zaman Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia

·     Teori-teori masuk dan berkembangnya Islam

·     Kerajaan-kerajaan Islam

·     Bukti-bukti Kehidupan pengaruh Islam yang masih ada pada saat ini

 

Mengamati:

·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

 

Menanya:              

·    berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

 

Mengeksplorasikan:

·    mengumpulkaninformasi terkait dengan pertanyaan  dan materi tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di  museum  dan atau  peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat.

 

Mengasosiasikan: 

·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan  kesimpulan tentang  zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

 

Mengomunikasikan:

·    hasil analisis yang telah dilakukan kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan tentang zaman perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

 

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan lapora.

Portofolio:      menilai portofolio peserta didik tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

 

Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis konsep tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

12 mg x 2 jp

 

·      Buku Paket Sejarah Indonesia kelas X.

·      Buku-buku lainya

·      Internet  ( jika tersedia)

·      Gambar hasil-hasil peninggalan zaman  Islam

·      Peta  letak kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia

Mampu menganalisis perkembangan teori dan landasan Pendidikan Kewarganegaraan, sebagai upaya untuk mengembangkannya pendidikan kewarganegaraan baik dimensi kurikuler dan atau dimensi  kemasyarakatan secara ilmiah, psikologis dan pedagogis