Perkuliahan Bioteknologi memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas wawasannya mengenai revolusi Bioteknologi yang paling mutakhir yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia pada abad-21. Materi perkuliahan meliputi Sejarah Perkembangan Bioteknologi, Dogma Sentra Genetik, sintesa protein, DNA rekombinan, prinsip utama bioteknologi dan aplikasi Bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan

Materi dalam Mata kuliah Keanekaragaman dan Klasifikasi Invertebrata mencakup pembahasan tentang klasifikasi, struktur anatomi, morfologi, fisiologi dan ekologi hewan yang digolongkan dalam subphilum Invertebrata mulai dari Porifera, Coelenterata, Mollusca, Platyhelminthes,Nemathelminthes, Annelida, Arthropoda, dan Echinodermata

Mata kuliah Keanekaragaman dan Klasifikasi Phanerogamae (KKP) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS pada semester IV. Bobot mata kuliah ini adalah 3 SKS, dimana 2 SKS untuk teori dan 1 SKS praktikum. Untuk dapat menempuh mata kuliah ini, mahasiswa harus menempuh mata kuliah prasyarat yaitu mata kuliah Keanekaragaman dan Klasifikasi Cryptogamae, Morfologi Tumbuhan dan Biologi Umum.

Secara garis besar materi yang dipelajari pada mata kuliah KKP meliputi empat komponen pokok yaitu:

  1. Konsep keanekaragaman tumbuhan
  2. Cara mempelajari, mengidentifikasi, pemberian nama, pengelompokkan dan pengawetan plasma nutfah tanaman
  3. Metode penelitian keanekaragaman tumbuhan
  4. Pemanfaatan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi untuk sekolah menengah

Matakuliah penelitian pembelajaran biologi ini akan dibahas hal-hal sebagai berikut. 1) Konsep dasar penelitian pendidikan, pada bab ini dibahas landasan fiolosofis penelitian seperti konsep pengetahuan, ilmu pengetahuan, konsep kebenaran ilmiah dalam penelitian, serta perananan penelitian pendidikan dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran. 2) Macam-macam penelitian, pada bab ini dibahas macam-macam penelitian ditinjau dari berbagai aspek seperti, pendekatan, tujuan, bidang ilmu, variabel dan lain-lain. 3) Masalah dalam penelitian pembelajaran, pada bab ini dibahas definisi masalah dalam penelitian pendidikan, jenis permasalahan dalam penelitian pendidikan, hubungan antara masalah dengan judul penelitian serta bagaimana merumuskan masalah dan judul penelitian yang benar menurut kaidah penelitian. 4) menentukan variabel penelitian, pada bab ini dibahas pengertian dan macam-macam variabel penelitian. 5) Pengembangan kajianĀ  pustaka dan hipotesis penelitian, pada bab ini mahasiswa akan mendapatkan pemahaman mengenai asumsi dan hipotesis sekaligus dapat menentukan asumsi dan hipotesis penelitian untuk masalah dan judul penelitian yang dipilih sebelumnya. 6). Rancangan penelitian pembelajaran biologi, pada bagian ini akan dibahas minimal dua rancangan penelitian pendidikan yang sering digunakan yaitu penelitian eksperimen dan penelitian tindakan kelas. 7). Populasi dan sampel penelitian, pada bagian ini mahasiswa akan memperoleh pemahaman mengenai perbedaan populasi dan sampel, macam-macam teknik sampling, sekaligus dapat memilih teknik sampling yang tepat sesuai dengan karakteristik populasinya, 8). Instrumen penelitian, pada bagian ini mahasiswa akan mendapatkan pemahaman mengenai macam-macam instrumen dalam penelitian pendidikan sekaligus dapat mengembangkan instrumen penelitian pendidikan dengan benar, 9). Validitas dan realibilitas instrumen, pada bagian ini akan dibahas tentang konsep validitas dan realibilitas, macam-macam teknik pengujian validitas dan realibilitas instrumen. 10). Analisis data penelitian, pada bagian ini mahasiswa diharapkan mampu memilih statistik yang tepat sekaligus menghitung dengan benar statistik sesuai dengan pendekatan penelitian yang dipilih, mentabulasikan data, dan menyajikan hasil penelitian dengan data yang disimulasikan. 11). Format penulisan proposal dan laporan penelitian pendidikan, pada bagian ini akan dibahas format penulisan proposal dan laporan penelitian kuasi eksperimen dan format penulisan proposal dan laporan PTK. 12) Presentasi kelompok produk proposal penelitian, pada bagian ini akan dipresentasikan produk proposal mahasiswa di dalam diskusi kelas.