Assalamu’alaikum wr. wb

Puji syukur ke hadirat ALLAH, SWT. atas selesainya penulisan buku ajar ini. Buku ini dapat digunakan sebagai referensi dosen untuk mengajar mata kuliah yang terintegrasi dengan bidang perancangan desain kususnya aktivasi pameran. Lebih terfocus bagi mahasiswa semester V Jurusan/Program Studi Desain Komunikasi Visual UNS untuk belajar mata kuliah Perancangan Pameran yang diselenggarakan pada mata kuliah Deskomvis 3.
Penulisan buku ini mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), pengalaman mengajar, berbagai pelatihan maupun penataran, serta kajian-kajian referensi yang relevan. Adapun pembahasan isi buku adalah mengenai perancangan komunikasi visual indoor display maupun outdoor promotions.
Prasyarat mengikuti kuliah ini, mahasiswa telah menempuh Diskomvis I dan 2, sebagai basic mengaplikasian konsep perancangan komunikasi visual ke dalam karya desain secara sistematis, kreatif, dan komunikatif. Selain itu mahasiswa telah menempuh mata kuliah Gambar Teknik sebagai dasar teknik menggambar perancangan.
Pameran pada dasarnya menjadi salah satu bagian dari pemasaran yang terintregasi, sehingga mampu menciptakan aktivitas komunikasi yakni tersampaikannya arus informasi antara produk pada pengunjungnya. Maka dapat dikatakan pameran merupakan salah satu aktivitas penunjang operasi penjualan dan distribusi yang efektif, khususnya dalam menciptakan terjadinya selling out (penjualan produk ke konsumen akhir).
Melalui buku ajar ini, diharapkan dapat menjadi reverensi bagi yang ingin membuat desain/perancangan pameran yang representatif, yang dapat digunakan sebagai sarana pemasaran efektif untuk melakukan kampanye, baik pengenalan produk atau sosialisasi program suatu perusahaan, sekaligus sebagai upaya meningkatkan penetrasi pasar.
Akhirnya penulis ucapkan terima kasih kepada teman-teman sejawat yang telah banyak memberi masukan materi dan pengalamannya sehingga terwujudnya buku ini. Kritik dan saran pembaca sangat diharapkan guna perbaikan .

Wassalamu’alaikum wr.wb